Pintar-pintarlah jatuh cinta



Ada suatu kutipan menarik yang saya dengar dari salah satu (dari sedikit) film yang pernah saya tonton. Dua orang pria dan wanita bercakap-cakap tentang konsepsi jatuh cinta. Pria berkata “untunglah selama bertahun-tahun ini kita tak bertemu, karena kupikir jika kita melewatkan waktu bersama sedemikian lamanya, kau akan tahu kebiasaan-kebiasaan burukku dan bosan dengan sifat-sifatku. Sang wanita menjawab “justru hal tersebut akan membuat aku lebih jatuh cinta padamu, aku merasa jatuh cinta justru ketika sudah tahu setiap detil dari dirimu, aku akan tahu kata apa yang akan kau gunakan dalam kondisi tertentu, dan aku tahu seperti apa ekspresimu dalam tiap kondisi, familiar dengan goresan di wajahmu itu yang selalu membuatku rindu”. Konsepsi ini adalah tentang jatuh cinta pada sosok yang sudah anda kenal betul, sekaligus pada hal-hal kecil pada atau di sekitar orang tersebut, mungkin saja pada caranya merengek, suara tawa kecilnya, alisnya yang tipis, gayanya memainkan lagu tertentu dan seterusnya (Film before Sunset, 2004).
Di film lain, ada ungkapan yang menurut saya sangat maknawi dalam membantu kita memaknai cinta. Katanya, cinta dan kebahagiaan tidak hanya terletak pada hubungan manusia. Tuhan menempatkan cinta dan kebahagiaan pada semua hal di sekitar kita. Masalahnya hanya pada sudut pandang kita terhadap kebahagiaan tersebut yang perlu diubah (Film Into The Wild, 2007).
Persoalan jatuh cinta, dan, kebahagiaan, bukan hal sepele. Menurut saya itulah kualitas hidup yang didamba-dambakan manusia, yang bisa hadir lewat banyak bentuk dan keadaan. Bahagia dalam pekerjaan, bahagia dalam rumah tangga, bahagia dalam mempelajari sesuatu secara mendalam atau bahkan bahagia hanya karena punya koneksi internet untuk memposting tulisan.
Jadi jangan takut untuk jatuh cinta pada hal-hal kecil sekalipun. Apalagi yang lebih murah daripada jatuh cinta. Hanya saja, tidak semua cintamu akan berbalas sebanding. Maka, pintar-pintarlah juga dalam memilih hal untuk dicintai. J
(22 Juni 2016, 00.30 WITA)

Komentar

Postingan Populer