Mengapa Manchester United ?


Sepakbola telah dan akan selalu menjadi hiburan papan atas bagi manusia modern. Saya adalah termasuk dari penggemar sepakbola sebagai olahraga maupun sebagai hiburan tadi (tontonan). Hampir selalu penggemar sepakbola punya klub kesayangan, tim jagoan, atau apapun sebutannya. Manchester United asal Inggris raya adalah tim jagoan saya. Ada beberapa alasan yang membuat saya, dan jutaan fans MU (sebutan umum klub Manchester United) lainnya sepakbola menyukai MU. Berikut saya tuliskan secara sederhana dan mudah dimengerti bahkan oleh "MU haters" sekalipun, atau juga orang-orang yang (sayangnya) tidak banyak mengerti sepakbola.


1. Banyak pemain hebat bermain di MU. Mulai dari pemain-pemain yang lahir dari akademi mereka sendiri, pemain besar yang (baru) melonjak karirnya ketika bermain di Old Trafford (nama stadium milik MU), atau juga pemain sudah "jadi" yang pindah ke teater impian (julukan untuk Old Trafford). Sebut saja Bobby Charlton, George best, Bryan Robson, Eric "king" Cantona, Peter Smeichel, Cristiano Ronaldo, Nemanja Vidic sampai sekarang Wayne Rooney. Jangan lupakan class of 92, Ryan Giggs, David Beckham, Paul Scholes dan Gary Neville.

2. Berjuang hingga menit akhir. Pernah dengar kisah final Champions League 1999 ? Dua gol di injury time dari Sheringham dan Solskjaer membuat Lothar Mathaeus dkk berduka di akhir laga.

3. Mencetak banyak gol. Di awal musim 2011-2012, menghadapi ARSENAL di Old Trafford, laga berakhir 8-2 untuk the red devils. Cerita ini sekiranya bisa jadi contoh.

4. Klub bersejarah. MU bukan klub baru lahir kemarin sore macam Manchester City atau Chelsea. Sudah memenangi Champions League tahun 1968 dan gelar-gelar lainnya.

5. Stadium megah dan memang teater impian. Sudah jelas. Tidak usah dibandingkan dengan stadium-stadium klub tetangga.

6. Atmosfir berlembaga sangat tinggi. Eh salah, maksudnya atmosfir pertandingan sangat semarak.

7. Trofi juara ? Seingat saya 20 gelar liga, 3 gelar Champions, 12 FA CUP, dan gelar-gelar lainnya. Sudah jelas. Gelar yang diraih Ryan Giggs selama karirnya bahkan lebih banyak dari gelar yang diperoleh Chelsea atau City semenjak mereka berdiri.

8. Legenda klub punya kehormatan tersendiri. Sir Alex, Sir Bobby Charlton, Giggs. Ingat bagaimana Real Madrid memperlakukan Casillas ?

Tulisan ini terinspirasi dari "semacam candaan" di 13 reasons why you should never support Man United (Oleh Jimmy Lloyd)

(it's me in man u away shirt 1999, watching EPL matchday, taken at oryza coffee, thanks gufron)

[2 Syawal 1437 Hijriah. 7 Juli 2016. Selamat idul fitri semua]

Komentar

Postingan Populer